Program Sandwich di Gifu University tahun 2020

17 Juni 2021

 

Ririn Fatma Nanda merupakan seorang mahasiswa Magister Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas, Padang yang lolos dalam seleksi Program Sandwich di Gifu University tahun 2020. Ia merupakan mahasiswa bimbingan Prof. Anwar Kasim dan Dr. Rini B, MP. Di program Sandwich sendiri, Ia dibimbing oleh Prof. Kohei Nakano di laboratorium Postharvest Engineering selama 6 bulan (Oktober 2020 – Maret 2021).

Program Sandwich ini merupakan sebuah kerja sama antara Universitas Andalas dengan dengan  Gifu University Japan, dalam bidang keterampilan penelitian, pengembangan lebih lanjut dan pengalaman akademis. Hal ini tentunya merupakan peluang yang sangat bagus bagi mahasiswa Pascasarjana Universitas Andalas.

Untuk mengikuti program ini, ada 3 tahap yang harus dilewati. Tahap pertama yaitu memilih dosen pembimbing yang dikira cocok dengan topik penelitian kemudian meminta LOA. Selanjutnya adalah seleksi berkas.  Berkas-berkas yang dibutuhkan adalah transkrip nilai, surat rekomendasi dari dosen pembimbing di universitas asal dan research plan. Apabila dinyatakan lolos dalam seleksi berkas, nantinya akan dilanjutkan ke tahap wawancara yang dilakukan oleh dosen pembimbing yang kita pilih dalam program Sandwich tersebut.

Selama program Sandwich ini berlangsung, begitu banyak pengalaman dan ilmu yang di dapatkan. Mulai dari ketersediaan bahan penelitian, peralatan yang sangat canggih untuk menunjang kelancaran penelitian kita, serta masukan dari dosen pembimbing kita di program ini, apalagi mahasiswa diberikan beasiswa sebanyak ¥80.000/bulan.  Diakhir kegiatan, mahasiswa yang bersangkutan diminta untuk membuat sebuah publikasi sesuai dengan research yang telah dilaksanakan di Gifu University. Tidak hanya itu, mahasiswa yang sudah selesai melaksanakan kegiatan Sandwich memiliki peluang yang lebih besar untuk melanjutkan studi S3 di Gifu nantinya.

Untuk tahun selanjutnya, diharapkan ada mahasiswa FATETA yang ikut serta dan lolos seleksi di Program Sandwich tahun 2021.

 

 

 

Read 623 times