Print this page

PKM-BC19 FATETA UNAND 2020

30 April 2020

Pneumonia Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 adalah penyakit peradangan paru yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Berdasarkan data tim IT Diskominfo Provnsi Sumatera Barat sampai tanggal 29 April 2020 tercatat 144 kasus positif di Sumatera Barat dan semakin hari penyebaran virus ini semakin mengkawatirkan, hal ini tentunya merubah tatanan kehidupan masyarakat. Seperti yang disampaikan oleh Dekan Fateta Unand bahwa pandemi Covid-19 telah banyak mengubah sendi kehidupan masyarakat dan menjadi ancaman bagi sektor kesehatan, perekonomian, pendidikan, sosial, budaya dan sektor lainnya. Untuk menghadapi pandemi ini perlu dilakukan usaha multi dimensi yang melibatkan semua pihak termasuk perguruan tinggi sehingga selain dapat mengatasi penyebaran virus ini juga dapat memperbaiki kembali perekonomian, sosial, budaya dan keagaman masyarakat. Dengan besinergi bersama pemerintah setempat Fateta Unand melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat  Bencana Covid 19 (PKM- BC19) dengan melibatkan 50 orang dosen dan 300 mahasiswa.

Kegiatan ini telah dimulai dengan pengalangan dana, pembagian bahan pangan, pembuatan dan pembagian hand sanitizer. Dalam waktu dekat civitas akademika Fateta Unand akan melaksanakan pendampingan masyarakat dalam bentuk pelatihan/penyuluhan dalam bidang kesehatan, perbaikan ekonomi dan lingkungan, pendidikan, sosial dan budaya. Bagi mahasiswa Fateta Unand kegiatan ini akan dikonversi menjadi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik yang dapat digunakan untuk memenuhi persyaratan studi mahasiswa. Dalam kegiatan ini mahasiswa wajib minimal menyelesaikan 1 kegiatan utama dan 1 kegiatan pendukung, serta dapat ditambah dengan kegiatan pembuatan modul multimedia dengan total minimal jam kerja efektif senbanyak 100 jam. Kegiatan utama berupa kegiatan yang berhubungan langsung dengan sektor kesehatan dan covid 19, sedangkan kegiatan pendukung merupakan kegiatan yang dapat dilakukan sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat, sosial budaya, pendidikan, keagamaan dan lain sebaginya. Kegiatan pembuatan modul multimedia berupa kegiatan pembuatan video pendek terkait sosialisasi atau pelatihan-pelatihan yang akan disebarkan dan diunggah ke media sosial. Kegiatan ini tentunya akan memperhatikan protokol kesehatan dan aturan-aturan yang berlaku, sehingga tidak ada kemungkinan mahasiswa dan dosen terpapar dengan covid-19.

Informasi lengkap terkait pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Bencana Covid 19 (PKM-BC19) dapat dilihat <<< DISINI >>>

Read 1084 times