Print this page

PKM-BC19 FATETA UNAND

Deskripsi PKM-BC19

 

PKM-BC19 (Pengabdian Kepada Masyarakat Bencana Covid-19) merupakan kegiatan pengabdian dosen dan mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas (Fateta Unand) kepada masyarakat dalam menghadapai Pandemi Covid-19. Bagi mahasiswa yang mengikuti PKM-BC19 ini, kegiatan-kegiatannya dapat dikonversi menjadi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), sehingga selain dapat membantu masyarakat dan pemerintah, mahasiswa juga dapat menyelesaikan studinya sesuai dengan jadwal.
Kegiatan PKM-BC19 terdiri dari beberapa kegiatan kegiatan yaitu :

  • Kegiatan Utama, yaitu kegiatan yang berhubungan langsung dengan sektor kesehatan dan Covid-19
  • Kegiatan Pendukung, yaitu kegiatan diluar sektor kesehatan tetapi terdampak oleh adanya Pandemi Covid-19, seperti kegiatan bidang ekonomi, sosial budaya, edukasi, keagamaan, dll
  • Kegiatan Pembuatan Modul Multimedia, yaitu kegiatan pembuatan video pendek sosialisasi / pelatihan-pelatihan yang disebarkan dan diunggah ke media-sosial.

Kegiatan PKM-BC19 ini selain mencakup kegiatan-kegiatan kesehatan (Covid-19) juga kegiatan bidang sosial, agama, edukasi, budaya, ekonomi, dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah masyarakat karena kasus Covid-19. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dan pemerintah dalam menghadapi bencana Covid-19 serta dampak-dampaknya.
Dalam pelaksanaan PKM-BC19, aktivitas mahasiswa maupun DPL harus menerapkan standar / protocol kesehatan Covid-19, aturan pemerintah pusat dan daerah, serta peraturan-peraturan lokal setempat. Untuk lokasi PKM-BC19 ini dilakukan dilokasi sekarang mahasiswa berada, dimana sebagian besar mahasiswa sudah berada di kampung halamannya. Dengan demikian, tidak ada mobilisasi mahasiswa dari satu daerah ke daerah yang lain. 
Dalam melaksanakan kegiatan, mahasiswa PKM-BC19 harus memakai Alat Perlindungan diri (APD) / masker, menjaga physical distancing didalam kelompok kegiatan PKM-BC19 untuk menghindari transmisi virus, serta tidak mengumpulkan lebih dari 5 orang dalam satu kelompok. Mahasiswa harus mencuci tangan saat selesai melakukan kegiatan, dan mengurangi menyentuh mulut, hidung serta wajah.
Dengan memperhatikan himbauan himbauan pemerintah dan aturan aturan pemerintah setempat. Diharapkan kegiatan ini akan berjalan dengan lancar dan tanpa ada gangguan yang berarti. Dan kegiatan PKM-BC19 ini, memberikan kontribusi di dalam mitigasi bencana covid-19.

 

1.   Brosur I dan Brosur II

2.   Link  google form pendaftaran DPL (Dosen Pembimbing Lapangan)

3.   Link google form pendaftaran Mahasiswa

4.   Form Persetujuan Orang Tua

5.   Form Persetujuan Wali Nagari/Lurah/Desa

6.   Surat Pengantar dari Dekan FATETA

7.   KAK Pelaksanaan PKM-BC19

8.   Panduan Penulisan Laporan dan Logbook

9.   Daftar Contoh Kegiatan PKM-BC19

10. Panduan Pelaksanaan PKM-BC19

11. Form Daftar Pengajuan Kegiatan ke DPL

12. Surat Pernyataan Telah Melaksanakan PKM BC-19 FATETA  

Read 6872 times