ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI TAHU SKALA MENENGAH DIKOTA PADANG
Sari
Industri tahu di kota Padang mengalami keterbatasan dalam mengembangkan usahanya. Hal ini dikarenakan pelaku usaha tidak memahami faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman dari usaha tersebut. Tujuan penelitian adalah (1) Menganalisis faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap industri tahu, (2) Mendapatkan beberapa poin strategi pada industri tahu, serta (3) Menganalisis prioritas strategi mana yang paling efektif diterapkan dalam mengembangkan industri tahu dikota Padang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil analisa yang telah dilakukan didapatkan nilai IFE 3.55 dan EFE 3.46. Adapun dari analisi SWOT didapatkan 9 alternatif strategi. Berdasarkan analisa matriks QSPM prioritas strategi yang paling cocok untuk diterapkan adalah dari aspek pemasaran yaitu memperluas wilayah penjualan ke luar daerah dan pasar-pasar modern seperti supermarket, rumah makan, catering-catering, rumah sakit, panti asuhan, dan lain lain.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Anoraga, P. 2010. Manajemen Bisnis. Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik. 2000. Karakteristik Jenis Industri Kecil dan Menengah.
David, R. 2008. Manajemen Strategi Konsep. Salemba Empat.
Emawati. 2007. Analisis Kelayakan Finansial Industri Tahu (Studi Kasus : Usaha Dagang Tahu Bintaro, Kabupaten Tangerang, Propinsi Banten ). UIN Syarif Hidayatullah.
Firdaus, M. 2010. Manajemen Agribisnis. Bumi Aksara.
Holle, F. R., & Dewi, R. M. 2014. Pengembangan Industri Kecil Tahu Pada Sentral Industri Tahu dan Tempe Desa Sepande Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah, 2(3), 1–15.
Mangunwidjaja, & Sailah. 2002. Pengantar Teknologi Pertanian. Penebar Swadaya.
Mohammad, F. R. 2017. Analisis Startegi Pemasaran pada UMKM Kentang Teri Ny Hore.
Muchtadi, D. 2014. Prinsip Teknologi Pengolahan Pangan Sumber Protein. Alfabeta.
Nurhayati, N., Hubeis, M., & Raharja, S. 2012. Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Industri Kecil Tahu Di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, 7(2), 111–121. https://doi.org/10.29244/mikm.7.2.111-121
Oktaviani. 2014. Analisis Strategi Bisnis PT XYZ.
Pangan, D. 2019. Rekapitulasi Harga Telor Tahun 2019.
Perindustrian, D. 2008. Industri Tahu yang Terdaftar di Kota Padang.
Rangkuti, F. 2005. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rozelin, D. 2008. Perencanaan Strategi Perusahaan Daerah Air Minum Kota Padang Tahun 2007 - 2008.
Wisman., I. A. 2011. Strategi dan Kelayakan Pengembangan Lembaga Intermediasi untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia (Studi Kasus Balai Inkubator Teknologi di Puspiptek Serpong). Institut Pertanian Bogor.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.