ANALISIS PENYEBAB WHITE SPOT PADA SIR 20 DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DI PT. XYZ
Sari
Produk SIR 20 yang diproduksi oleh PT. XYZ sering mengalami cacat produk dan jenis cacat yang paling sering terjadi adalah cacat white spot. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penyebab white spot pada SIR 20 di PT. XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode six sigma. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, ditemukan penyebab cacat white spot terdiri dari beberapa faktor yakni faktor lingkungan, proses produksi, material, mesin dan peralatan, manusia dan lingkungan. Faktor utama cacat white spot adalah karena lingkungan seperti curah hujan yang tinggi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa jumlah cacat white spot di PT.XYZ berada di tingkat nilai sigma 2,48 yang berarti termasuk dalam rata-rata industri Indonesia dengan kemungkinan kerusakan sebesar 163889 untuk setiap satu juta produksi SIR 20. Nilai ini masih cukup tinggi sehingga diperlukan beberapa upaya untuk mengurangi terjadinya cacat white spot pada produk SIR 20 di PT. XYZ yaitu dengan lebih memperhatikan kondisi penanganan jika curah hujan tinggi, serta perlu adanya sistem terintegrasi pada proses pengolahan untuk mengetahui kualitas material (bahan baku) yang masuk, kondisi mesin dan peralatan, dan SOP untuk tenaga kerja (manusia).
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad, F. (2019). Six Sigma Dmaic Sebagai Metode Pengendalian Kualitas Produk Kursi Pada Ukm. Jurnal Integrasi Sistem Industri, 6(VOLUME 6 NO 1 FEBRUARI 2019), 11–17. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/jisi/article/view/4061
Devani, V., & Alwiyah. (2021) Implementasi peningkatan kualitas crumb rubber menggunakan metode pdca di PT. RHL. Agrointek: Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 15 (1). 134-145. https://doi.org/10.21107/agrointek.v15i1.6024
Hongdiyanto, C. (2017). The importance of production standard operating procedure in a family business company. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 277(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/277/1/012024
Izzah, N., & Rozi, M. F. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Metode Six Sigma-Dmaic Dalam Upaya Mengurangi Kecacatan Produk Rebana Pada Ukm Alfiya Rebana Gresik. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 7(1), 13–26. https://doi.org/10.25139/smj.v7i1.1234
Kusuma Dewi, S. (2012). Minimasi Defect Produk Dengan Konsep Six Sigma. Jurnal Teknik Industri, 13(1), 43–50. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol13.no1.43-50
Lungguh Perceka, A. (2018). Hubungan Perencanaan dan Pengarahan Kepala Ruangan Dengan Motivasi Kerja Perawat di RS Pameungpeuk Garut Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 4(1), 59–65. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2019.004.01.9
Nugroho, A., & Kusumah, L. H. (2021). Analisis Pelaksanaan Quality Control untuk Mengurangi Defect Produk di Perusahaan Pengolahan Daging Sapi Wagyu dengan Pendekatan Six Sigma. Jurnal Manajemen Teknologi, 20(1), 56–78. https://doi.org/10.12695/jmt.2021.20.1.4
Parianti, E., Pratiwi, I., & Andalia, W. (2020). Pengendalian Kualitas Pada Produksi Karet Menggunakan Metode Six Sigma ( Studi Kasus : PT. Sri Trang Lingga Indonesia ( SLI)). Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 5(1), 24. https://doi.org/10.32502/js.v5i1.2967
Rahayu, P., & Bernik, M. (2020). Peningkatan Pengendalian Kualitas Produk Roti dengan Metode Six Sigma Menggunakan New & Old 7 Tools. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 16(2), 128–136. http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK
Said, M., Zahrim, A., Kumroni Makmuri, M., & Bina Darma Palembang Jalan Jendral Ahmad Yani No, U. (2018). PENGENDALIAN KUALITAS CRUMB RUBBER DENGAN MENGGUNAKAN STATISTICAL QUALITY CONTROL (Studi Kasus pada PT Sunan Rubber). Jurnal Ilmiah TEKNO, 15(1), 44–58.
Sari, D. P. (2017). Evaluasi Manajemen Perawatan dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) II pada Mesin Cane Cutter 1 dan 2 di Stasiun Gilingan PG Meritjan - Kediri. Rekayasa, 10(2), 99.
Vitho, I., Ginting, E., & Anizar, A. (2013). Aplikasi Six Sigma Untuk Menganalisis Faktorfaktor Penyebab Kecacatan Produk Crumb Rubber Sir 20 Pada Pt. Xyz. Jurnal Teknik Industri USU, 3(4), 23–28.
Witonohadi, A., & Timothy, I. (2011). Usulan Perbaikan Sistem Perawatan Mesin dengan Pendekatan Computerized Maintenance Management System ( CMMS ). Prosiding KONFERENSI ILMIAH MAHASISWA UNISSULA (KIMU) 2, 6(2), 80–86.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.