PENGEMBANGAN AMPLANG UD. KELOMPOK MELATI MELALUI METODE VALUE ENGINEERING BERBASIS MARKETING MIX
Sari
Pengembangan usaha merupakan salah satu cara agar suatu usaha dapat bersaing dipasaran. Salah satu cara pengembangan usaha adalah dengan mengembangkan bauran pemasaran (Marketing mix). UD Kelompok Melati merupakan unit usaha yang bergerak dibidang pembuatan amplang. Sejak mulai beroperasi pada tahun 2014, UD Kelompok Melati belum banyak melakukan pengembangan usaha dalam hal bauran pemasaran yang didalamnya terdapat variabel produk, tempat, harga dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan prioritas pengembangan usaha amplang menggunakan metode Value Engineering berdasarkan bauran pemasaran (Marketing mix). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tahapan informasi, tahapan kreatif, tahapan analisis, tahapan pengembangan dan tahapan rekomendasi. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dan kuesioner, kemudian dianalisis dengan Expert Choice versi 11. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas pengembangan adalah bauran produk dengan nilai 0,551 serta alternatif prioritas untuk dikembangkan adalah varian rasa dengan nilai 0,529 dan rasa yang disukai adalah balado, jagung manis, balado dan pedas. Harga pokok produksi pengembangan ini sebesar Rp.6.345 dan BEP produksi 17 unit.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Amanah, D. 2010. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M. Yamin Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis. 2(1): 71–87.
Badan Standardisasi Nasional. 2006. Petunjuk Pengujian Organoleptik dan atau Sensori. SNI 01-2346-2006.
Budiwati, H. 2012. Implementasi Marketing Mix dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Unggulan Keripik Pisang Agung Di Kabupaten Lumajang. Jurnal WIGA. 2(2): 29–44.
Farida, I., Tarmizi, A. dan November, Y. 2016. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P terhadap Go-Jek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. 1(1): 31–40.
Hidayati, H. A., Suharyono dan Kumadji, S. 2012. Faktor-faktor yang Membentuk Komunikasi Word of Mouth dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis.
Imantoro, F., Suharyono dan Sunnarti. 2018. Pengaruh Citra Merek, Iklan, dan Cita Rasa terhadap Keputusan Pembelian ( Survei terhadap Konsumen Mi Instan Merek Indomie di Wilayah Um Al- Hamam Riyadh ). Jurnal Administrasi Bisnis. 57(1): 180–187.
Iriadi, N. and Yohana, D. 2016. Pengaruh Sistem Pendukung Keputusan dalam Pemilihan Mobil Lcgc dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Jurnal Khatulistiwa Informatika. 4(2): 173–182.
Karim, D., Sepang, J. L. dan Lumanauw, B. 2014. Marketing Mix Pengaruhnya terhadap Volume Penjualan Pada PT. Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal EMBA. 2(1): 421–430.
Lumanauw, B., Sepang, J. and Karim, D. 2014. Marketing Mix Pengaruhnya terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal Riset Ekonomi. Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(1), pp. 421–430.
Piligrimiene, Z., Dovaliene, A. and Virvilaite, R. 2015. Consumer Engagement in Value Co-Creation: What Kind of Value it Creates for Company? Engineering Ec’, Engineering Economics, 26(4), pp. 452–460. doi: 10.5755/j01.ee.26.4.12502.
Pujianto, T., Kastaman, R. dan Utami, I. A. 2016. Penerapan Rekayasa Nilai dalam Pemilihan Rancangan Kemasan dan Rasa Produk Dodol Berdasar Pada Ketertarikan Konsumen. Proceeding Seminar Nasional pp. 215–226.
Rachmawati, R. 2011. Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik. 2(2): 143–150.
Randang, W. 2013. Kualitas Produk, Atribut Produk dan Ekuitas Merek Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan. 1(3): 701–709.
Selang, C. A.D 2013. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya terhadap Loyalitas Konsumen pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: 1(3): 71–80.
Wibowo, D. H., Arifin, Z. dan Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis. 29(1): 59–66.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.